Sabtu, 04 Juni 2011

molekul

MOLEKUL

Molekul adalah bagian terkecil dan tidak terpecah dari suatu senyawa kimia murni yang masih mempertahankan sifat kimia dan fisika yang unik. Suatu molekul terdiri dari dua atau lebih atom yang terikat satu sama lain. Sebagai contoh, molekul air merupakan kombinasi dari 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen. Suatu molekul dituliskan dalam rumus kimia. Rumus kimia suatu molekul tersebut menunjukkan banyak jenis dan jumlah atom yang menyusun molekul tersebut.
a. Molekul Unsur
Oksigen terbentuk dari dua atom yang sama, yaitu oksigen. Rumus kimia oksigen adalah O2 Molekul yang terbentuk dari satu jenis atom dinamakan molekul unsur. Contoh molekul unsur lainnya adalah Cl2, I2, Br2, dan P4.
Molekul merupakan partikel – partikel dari suatu senyawa. Suatu molekul dapat tersusun atas atom-atom yang sama disebut molekul unsur. Molekul unsur dapat dibedakan menjadi :


Molekul di atomik
Molekul yang hanya mengandung dua buah atom disebut molekul diatomik.
Contoh:
Gas Hidrogen (H2)
Gas Nitrogen (N2)
Gas Oksigen (O2)

Molekul Triatomik
Molekul yang mengandung tiga buah atom disebut molekul Triatomik.
Contohnya : Ozon (O3)

Molekul Tetraatomik
Molekul yang mengandung empat buah atom disebut molekul Tetratomik.
Contohnya : Fosfor (P4)

Molekul Oktaatomik
Molekul yang mengandung delapan buah atom disebut molekul Oktaatomik.
Contohnya : Belerang (S8)
Beberapa molekul unsur

b. Molekul Senyawa
Molekul yang tersusun atas lebih dari satu jenis atom dinamakan molekul senyawa. Contoh molekul senyawa, yaitu air yang mempunyai rumus kimia H2O. Air tersusun atas dua atom H dan satu atom O.
Molekul senyawa dan rumus kimianya

Gambar-gambar:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar